Disdukcapil Dan PMI Buka Layanan Pemeriksa Golongan Darah Gratis

Posted by: PIAK01 | 26/05/2019 | Kategori: PEMANFAATAN DATA DAN INOVASI P | 44 kali dibaca | Rating: 53

PMI bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Pasaman Barat melakukan pemeriksaan jenis golongan darah gratis. Hal ini dilakukan karena diprediksi saat ini hanya terdapat sepuluh persen masyarakat Pasaman Barat, yang mengetahui golongan darah mereka.Masih minimnya masyarakat Pasaman Barat, yang belum mengetahui jenis golongan darahnya, membuat dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil, bersama PMI Kabupaten Pasaman Barat, melakukan kolaborasi, pemeriksaan jenis golongan darah gratis di kantor disdukcapil.

Menurut data disdukcapil, saat ini hanya terdapat sepuluh persen, masyarakat Pasaman Barat yang mengetahui jenis golongangan darah mereka. Sehingga, hadirnya Loket pemeriksaan golongan darah ini, bisa membantu masyarakat yang tidak mengetahui jenis golongan darah mereka, terutama masyarakat yang ingin membuat KTP. Kepala Markas PMI Pasaman Barat Ridawarsa menyebutkan, target program pemeriksaan golongan darah tahun ini sekitar dua puluh ribu orang. Setelah dimulai awal tahun kemarin, partisipasi masyarakat cukup tinggi, yakni mencapai enam puluh orang per harinya.

PMI berharap, pemeriksaan golongan darah ini, bisa menciptakan golongan darah berbasis kepada data kependudukan. Artinya, masyarakat yang membutuhkan donor darah, bisa membuka data base kependudukan, dan bisa mengetahui siapa golongan darahnya yang sama, dimulai dari tingkat nagari, hingga ketingkat Kabupaten. Meski sudah membuka Posko pemeriksaan golongan darah di Kantor disdukcapil, rencananya PMI tetap menjalankan program jemput bola, baik pemeriksaan golongan darah, maupun donor darah. hal itu sebagai salah satu cara pemenuhi kebutuhan darah di tengah masyarakat. PMI berharap, kedepan masyarakat bisa lebih aktif memeriksakan golongan darah mereka.  Serta menjadi pendonor darah aktif, melalui program donor darah rutin atau program donor darah On Call.  Karena hingga hari ini, kebutuhan darah di Pasaman Barat masih belum terpenuhi secara Priodik.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share: