Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di Website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat. Website ini sebagai sarana publikasi untuk memberikan Informasi dan gambaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat dalam melaksanakan pelayanan di sektor Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Melalui keberadaan website ini kiranya masyarakat dapat mengetahui seluruh informasi tentang Kebijakan Kabupaten Pasaman Barat didalam pengelolaan sektor Kependudukan dan Pencatatan Sipil di wilayah Kabupaten Pasaman Barat.
  • Benarkah Ada KTP-el Ganda? Ini Pernyataan Res...

    Jakarta - Beberapa hari terakhir, beberapa media onli....
  • KTP-el Berlaku Seumur Hidup...

    Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo, Jum'at (29/01/2016),....
  • Mendagri Angkat Bicara Tanggapi Berita Hoax H...

    Jakarta – Lagi-lagi, berita hoax terkait data kepend....
  • Disdukcapil Pasaman Barat ...

    Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Dinas Kependudukan dan Ca....
  • Layanan Disdukcapil Pasaman Barat Sehari Sele...

    Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Dinas Kependudukan dan Ca....
LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO KEPALA DINAS

Hj. Yulisna, SH
NIP. 196507031991022001

KTP-el Berlaku Seumur Hidup
Ditulis oleh : NURMANTO, SE - Bidang : PIAK

04 April 2018 - 13:52:32 WIB

Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo, Jum'at (29/01/2016), menerbitkan dua surat edaran menyikapi berbagai pemberitaan di media masa maupun dalam masyarakat terkait masa berlaku KTP elektronik (KTP-el).

Pertama, Surat Edaran Nomor 470/295/SJ tanggal 29 Januari 2016 perihal KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, yang ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga non kementerian. Kedua, Surat Edaran Nomor 470/296/SJ dengan tanggal dan perihal yang sama, yang ditujukan kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia. 

Kedua surat edaran tersebut merupakan tindak lanjut atas berlakunya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. 

Dua pasal dalam undang-undang ini mengatur masa berlaku KTP-el. Pasal 64 ayat (7) huruf a menjelaskan bahwa KTP-el bagi WNI masa berlakunya seumur hidup. Selanjutnya, Pasal 101 huruf c menjelaskan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang ini ditetapkan berlaku seumur hidup. Dengan demikian, KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011 juga berlaku seumur hidup tanpa perlu diperpanjang meski telah habis (tercantum) masa berlakunya. 

Melalui surat edarannya, Mendagri menghimbau para Menteri Kabinet Kerja, para Pimpinan Lembaga non Kementerian, serta para Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia mematuhi ketentuan dimaksud dan menyebarluaskan informasi tersebut melalui berbagai media agar dapat diketahui para penyelenggara layanan publik dan masyarakat. 

Untuk mengetahui lebih jelas, silakan download Surat Edarannya berikut ini:

- Surat Edaran kepada Kementerian/Lembaga

- Surat Edaran kepada Gubernur, Bupati/Walikota

Dukcapil***

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat?
Sangat Puas
Puas
Kurang Puas

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 5461 kali