0753466353
disdukcapilpasbar@yahoo.com
Pasaman Barat, Sumatera Barat
blog-img
21/06/2022

Identitas Kependudukan Digital Sudah Diujicoba di Kabupaten Pasaman Barat

M. Rozie Effendi | Sekretariat

Pemerintah akan menerapkan Identitas Kependudukan Digital. Jadi, masyarakat tidak perlu lagi mempunyai KTP berbentuk kartu.

Di Kabupaten Pasaman Barat, Sesuai Arahan Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arief Fakrullah, penerapan Identitas Kependudukan Digital itu sudah mulai diujicoba dan akan diberlakukan untuk masyarakat umum di tahun ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pasaman Barat Yulisna mengatakan, ujicoba Identitas Kependudukan Digital saat ini dilakukan kepada pegawai Disdukcapil.

Yulisna mengatakan, ujicoba penerapan Identitas Kependudukan Digital itu untuk mengetahui sejauh kana keefektifannya. Sehingga, jika ada kekurangan dapat langsung diperbaiki.

Ia mengatakan, Identitas Kependudukan Digital itu akan mulai diberlakukan untuk masyarakat umum pada akhir tahun ini.

“Targetnya di semester empat tahun ini sudah direalisasikan,” katanya di ruang kerjanya.

Melalui Identitas Kependudukan Digital ini, kata Yulisna, masyarakat tidak perlu lagi memiliki KTP berbentuk fisik. Akan tetapi, sudah tersedia di smartphone melalui aplikasi yang disiapkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Yulisna mengatakan, Identitas Kependudukan Digital ini merupakan inovasi yang diinisiasi oleh Kemendagri. Tujuannya, untuk mempermudah akses dan melakukan efesiensi anggaran.

“Jadi, ke depan masyarakat yang ingin bertransaksi yang membutuhkan KTP-El, cukup menggunakan aplikasi ini saja,” ucapnya.

Kemudian, untuk membuat Identitas Kependudukan Digital ini juga cukup mudah. Yakni, cukup dengan menyertakan nomor induk kependudukan (NIK), nomor handphone yang terintegrasi ke WhatsApp, dan alamat email.

Dikatakan Yulisna, pihaknya sudah siap untuk mengimplementasikan penggunaan Identitas Kependudukan Digital.

“Pegawai kami juga sudah ada yang mengikuti Bimtek untuk penggunaan Identitas Kependudukan Digital ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama, ADK Ahli Madya Sahri Wahyuni menambahkan, pemberlakuan Identitas Kependudukan Digital akan dilakukan pada masyarakat dengan segment tertentu terlebih dahulu.

“Kita mulai dari pegawai Disdukcapil, kemudian nanti pegawai Pemkab Pasaman Barat, sampai kepada masyarakat umum,” katanya.

Ia mengatakan, penggunaan Identitas Kependudukan Digital ini akan dilakukan secara bertahap. Jadi, masyarakat yang masih mempunyai KTP-El berbentuk kartu masih berlaku. “Masyarakat yang belum bisa mengakses internet, KTP berbentuk fisiknya tetap masih berlaku,” ujarnya.

Bagikan Ke:

Populer