- Waspada Penipuan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), Masyarakat Diminta Lebih Hati-hati
- Disdukcapil Pasaman Barat melakukan rapat staf evaluasi kinerja pelayanan Online
- Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran, Disdukcapil Pasaman Barat Langsung Tancap Gas Berikan Pelaya
- Suasana layanan libur lebaran 28 Maret 2025
- Pelayanan Tetap Dibuka pada Hari Libur Lebaran
- Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Terpilih Tahun 2025-2030
- Dukungan TNI untuk Masyarakat: Babinsa Serka Albet Donal Serahkan Dokumen Penting Kelahiran
- Evaluasi dan Refleksi Kinerja Tahun Berjalan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
- Capaian Layanan Prima! Disdukcapil Pasaman Barat Raih Penilaian Positif dari Ombudsman 2024
- Rapat Staf Evaluasi di Disdukcapil Pasaman Barat
Pendaftaran Penduduk Non Permanen

Disdukcapil Pasmanbarat- Penduduk NonPermanen adalah penduduk yang bertempat tinggal di luar alamat domisili yang tertera pada KK, KTP-el atau Surat Keterangan Tempat Tinggal bagi orang asing yang dimilikinya paling lama 1 tahun dan tidak bertujuan untuk menetap.
Banyak penduduk tidak mengurus pindah domisili dengan dalih hanya sementara, dan tidak dengan tujuan menetap seterusnya. Namun, perpindahan domisili sementara ini tetap harus didaftarkan ke Dinas Dukcapil setempat sebagai penduduk nonpermanen.Data penduduk nonpermanen ini memberikan manfaat yang besar kepada pemerintah, lembaga pengguna dan tentunya penduduk itu sendiri.Data penduduk nonpermanen ini dapat memberikan representasi untuk perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, pencegahan kriminal dan penegakkan hukum serta verifikasi dan validasi dalam layanan publik. Permendagri 74 tahun 2022 tentang Pendaftaran Penduduk Nonpermanen ini adalah Peraturan Menteri Baru yang mencabut dan mengganti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 14 Tahun 2015 tentang Pedoman Pendaftaran Penduduk Nonpermanen (Berita Negara Republik Indonesia Nomor 147 Tahun 2015).
Prosedur untuk melakukan Pendaftaran adalah sebagai berikut. Penduduk Nonpermanen harus melakukan pendaftaran ke Disdukcapil Kabupaten/Kota atau UPT Disdukcapil Kabupaten/Kota. Pendaftaran Penduduk Nonpermanen menggunakan NIK. Pendaftaran dilaksanakan secara daring. Jika tidak bisa secara online maka pendaftaran dilakukan secara manual di Disdukcapil Kabupaten/Kota atau UPT Disdukcapil Kabupaten/Kota. Pendaftaran menggunakan formulir dengan kode F.1-15.
Baca Lainnya :
- Cek KTP Online
- Ombudsman Buka Layanan Konsultasi dan Pengaduan Pelayanan Publik di Kabupaten Pasaman Barat
- Pengaduan NIK Tidak Ditemukan
- Penandatangan MUO dengan kabupaten Agam
- Pertambahan Jumlah Penduduk Pasaman Barat
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 tahun 2022 tentang Pendaftaran Penduduk Nonpermanen ditetapkan Mendagri M. Tito Karnavian pada 11 April 2022. Diundangkan Dirjen PP Kemenkumham Benny Riyanto pada tanggal 18 April 2022 di Jakarta. Ditempatkan pada Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 410. Agar setiap orang mengetahuinya.
Pertimbangan Permendagri 74 tahun 2022 tentang Pendaftaran Penduduk Nonpermanen adalah:
- bahwa untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan, mengetahui jumlah penduduk nonpermanen, dan mendukung tercapainya manfaat data penduduk nonpermanen, diperlukan pendaftaran penduduk nonpermanen;
- bahwa Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 14 Tahun 2015 tentang Pedoman Pendataan Penduduk Nonpermanen perlu disesuaikan dengan kebutuhan administrasi kependudukan penduduk nonpermanen, sehingga perlu diganti;
- bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Pendaftaran Penduduk Nonpermanen.
Penduduk Non Permanen bisa melakukan pelaporan secara mandiri dengan mengakses Link : https://penduduknonpermanen.kemendagri.go.id . Penduduk Nonpermanen biasanya di alokasi untuk mahasiswa dan pekerja luar kota domisili
Sumber :
1. https://www.jogloabang.com/permendagri-74-2022-pendaftaran-penduduk-nonpermanen
3. https://disdukcapil.surabaya.go.id/featured_item/tanda-bukti-pendataan-penduduk-non-permanen/